Google search

Custom Search

Sunday, November 2, 2008

Mengapa Bumi miring?

Jika kamu dapat melihat Bumi mengelilingi Matahari, kamu mungkin menganggap planet kita posturnya jelek sekali. Bumi mengitari matahari dengan miring ke satu sisi, seperti perahu layar yang tertiup angin kencang. Bumi miring sekitar 23,5 dari tegak lurus. Menjadi begitu, kata para ilmuwan, akibat tabrak menabrak dahsyat yang membentuk tata surya kita sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

Matahari, Bumi, dan delapan planet lain di tata surya kita terbentuk dari awan, gas dan debu yang berotasi di ruang angkasa. Para ilmuwan memperkirakan Bumi tumbuh menjadi benda langit berukuran planet saat partikel-partikel saling brtabrakan, dan saling menyatu untuk membentuk kepingan-kepingan yang lebih besar. Saat jutaan tahun berlalu, bongkah-bongkah yang bertabrakan itu semakin besar, dunia-dunia kecil bertabrakan dengan dunia-dunia kecil lain dan planet tumbuh. (Bulan Bumi mungkin terbentuk ketika benda langit yang cukup besar menghantam Bumi yang masih merah dan panas. Menurut para ilmuwan pastilah ada satu tabrakan akhir yang sangat hebat yang membuat Bumi malang yang babak belur sampai ke posisinya yang sekarang.

Kemiringan itu membuat kehidupan di planet kita lebih menarik. Itu membuat dedaunan berubah menjadi merah pada bulan Oktober di Negara-negara utara. Memanggangnya di bulan Agustus, membuat anak-anak menceburkan diri ke kolam renang. Dan kadang-kadang mendatangkan salju tebal di bulan Januari sampai seluruh kota terbenam di dalamnya.

Singkatnya kemiringan itu menghasilkan musim empat jumlahnya. Bagaimana caranya? Karena kemiringan itu, Kutub Utara mendekat ke Matahari selama setengah tahun dan menjauh dari Matahari setengah tahun berikutnya. Di belahan Bumi utara, sinar matahari lebih banyak dan cuaca lebih hangat ketika Kutub utara miring kearah Matahari, dan malam-malam menjadi lebih panjang serta cuaca lebih dingin ketika miring menjauhi Matahari. Jika Bumi didorong agar tegak di porosnya, kata Chapman, musim-musim hampir lenyap. Karena orbit Bumi di sekeliling Matahari bukan lingkaran sempurna, suhu akan turun sedikit saat Bumi berada pada jarak tejauh dari Matahari. Kemudian semua akan menghangat ketika planet kita lebih dekat lagi ketika Matahari. Tetapi variasi kecil itu sangat berbeda dengan musim-musim sebenarnya seperti musim gugur, musim dingin, musim semi, dan musim panas. Tanpa kemiringan Bumi, kata-kata ini tidak akan ada dalam bahasa kita.


Perlu diingat : Para ilmuwan berpendapat benturan hebat menghantam Bumi ke kemiringannya sekarang. Dan kemiringan Bumi-lah yang menyebabkan adanya musim.


Sumber : Einstein aja gak tau


No comments:

TV International live

المزيد من القنوات | Watch more Tv

Local TV



Tv and Radio

Radio and Television Remote Control *