Google search

Custom Search

Tuesday, November 4, 2008

Seberapa tinggikah atmosfer itu?

Atmosfer yang kita sebut udara menyelimuti bumi. Di dekat tanah udaranya sangat padat, tetapi semakin tinggi semakin tipis. Pada ketinggian 50 Kilometer, kerapatan udaranya 1/1000 dari yang di dekat tanah. Di atas 1.000 Kilometer udaranya sedikit sekali. Atmosfer di dekat tanah hampir seluruhnya terdiri dari nitrogen dan oksigen. Di dalamnya terdapat sejumlah gas lain, tetapi jumlahnya jauh lebih kecil.

Ionosfer : Pada ketinggian 80 kilometer hingga pinggir antariksa terdapat ionosfer. Namanya ionosfer karena disitu terdapat banyak atom bermuatan listrik yang bermuatan ion.

Stratosfer : Stratosfer terdapat di bawah ionosfer dan diatas troposfer. Di situ terdapat lapisan ozon, payung pelindung kehidupan.

Troposfer : Lapisan terbawah atmosfer, yakni troposfer, hanya sampai ketinggian 15 Kilometer. Di dalam lapisan inilah ditentukan segala perubahan cuaca di Bumi.

Aurora : Terkadang pancaran dari antariksa menybabkan langit malam bercahaya seperti tabung neon. Ini disebut Aurora, yang biasanya terjadi dekat kutub.


Sumber : Einstein aja gak tau

.

No comments:

TV International live

المزيد من القنوات | Watch more Tv

Local TV



Tv and Radio

Radio and Television Remote Control *